Manfaat dan Jenis Literasi

Manfaat dan Jenis Literasi

Menurut studi dari grup konsultansi PwC, Indonesia berpotensi untuk menjadi ekonomi dengan PDB terbesar ke-4 di dunia di tahun 2050. 
Namun cukup disayangkan, tingkat literasi atau minat baca Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara-negara lain. Faktanya, menurut UNESCO, minat baca Indonesia termasuk yang terendah di dunia.
Budaya literasi Indonesia yang rendah tentunya dapat menghambat kualitas Sumber daya manusianya, serta berimbas kepada kemajuan pendidikan dan pembangunan nasional. Minat baca Indonesia yang rendah dapat membuat masyarakat kesulitan menyerap ilmu pengetahuan dan keterampilan baru. Ini berdampak pada kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Tingkat literasi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat. Di tahun 2022, Indonesia mencatat tingkat literasi setinggi 98.2%. Namun demikian, hasil studi Programme for International Student Assessment, dari OECD menyatakan 70% siswa Indonesia memiliki kemampuan literasi yang rendah. 

Maka dari itu yuk mari kta kenali apa saja jenis dan arti dari literasi. Dalam arti sederhana, literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Namun seiring perkembangan zaman, literasi rupanya tak hanya soal membaca dan menulis.

Jenis Literasi
1. Literasi baca dan tulis
Literasi baca dan tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi.
2. Literasi numerasi
Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk memperoleh, menginterpretasikan, menggunakan, dan mengomunikasikan berbagai macam angka dan simbol matematika untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.
3. Literasi sains
Literasi sains adalah pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk mampu mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasarkan fakta.
4. Literasi digital
Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya.
5. Literasi finansial
Literasi finansial adalah pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep, risiko, keterampilan, motivasi, dan pemahaman agar dapat membuat keputusan yang efektif dalam konteks finansial.
6. Literasi budaya dan kewargaan
Literasi budaya adalah pengetahuan dan kecakapan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa.

Manfaat Literasi

  • Membantu anak dalam memahami orang lain dan lingkungan sekitarnya.
  • Membantu anak agar dapat menyampaikan pikiran dan perasaan kepada orang lain.
  • Menumbuhkan minat anak terhadap keaksaraan.
  • Munculnya sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan di jenjang pendidikan selanjutnya
 
 








Other Blog
Solusi reservasi ruang rapat dengan mudah dan praktis.
Solusi reservasi ruang rapat dengan mudah dan praktis.
Thursday, 03 June 2021 10:02 WIB
Perkembangan teknologi semakin beragam dan canggih. Berbagai inovasi semakin beragam dari sektor pariwisata, edukasi sampai hiburan. Di era 4.0 ini semua hal rasanya di tuntut untuk menjadi lebih praktis dan cepat. Tak heran kini mulai banyak bermunculan aplikasi - aplikasi yang membantu anda dalam memudahkan kegiatan sehari - hari anda. Salah satu nya produk yang di buat oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor yakni “Izy Stay For Meeting”.
5 Hotel Yang Cocok Saat di Bogor Versi Izy Stay
5 Hotel Yang Cocok Saat di Bogor Versi Izy Stay
Tuesday, 28 December 2021 09:26 WIB
Ada begitu banyak pilihan hotel di kota Bogor, mulai dari yang murah hingga yang mewah. Satu hal yang pasti adalah hotel di Bogor kota lokasinya strategis. Anda bisa bepergian dengan mudah ketika menginap di pusat kota Bogor. Akses pun bukan satu-satunya keunggulan hotel di Bogor kota. Beberapa hotel di kota Bogor ini bahkan menyuguhkan pemandangan indah. Jika Anda berencana menghabiskan akhir pekan atau berliburan di kota hujan, coba saja menginap sambil menikmati pemandangan kota Bogor di hotel berikut ini.
Paket lengkap untuk ISOMAN
Paket lengkap untuk ISOMAN
Thursday, 05 August 2021 14:17 WIB
Paket ISOMAN by Izy Stay
Pedoman Saat Isolasi Mandiri untuk Pasien Covid-19 Tanpa Gejala
Pedoman Saat Isolasi Mandiri untuk Pasien Covid-19 Tanpa Gejala
Thursday, 03 February 2022 10:01 WIB
Pasien Covid-19 varian Omicron yang diperbolehkan isolasi mandiri adalah mereka yang berusia kurang dari 45 tahun, positif Covid-19 tanpa gejala, dan tak memiliki riwayat penyakit penyerta. Tak hanya itu, tempat isolasi mandiri rumah juga wajib mendukung dengan ketentuan salah satunya dapat isoman di kamar terpisah dengan anggota keluarga lain.

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?