Manfaat dan Jenis Literasi

Manfaat dan Jenis Literasi

Menurut studi dari grup konsultansi PwC, Indonesia berpotensi untuk menjadi ekonomi dengan PDB terbesar ke-4 di dunia di tahun 2050. 
Namun cukup disayangkan, tingkat literasi atau minat baca Indonesia masih tertinggal dibandingkan negara-negara lain. Faktanya, menurut UNESCO, minat baca Indonesia termasuk yang terendah di dunia.
Budaya literasi Indonesia yang rendah tentunya dapat menghambat kualitas Sumber daya manusianya, serta berimbas kepada kemajuan pendidikan dan pembangunan nasional. Minat baca Indonesia yang rendah dapat membuat masyarakat kesulitan menyerap ilmu pengetahuan dan keterampilan baru. Ini berdampak pada kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Tingkat literasi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat. Di tahun 2022, Indonesia mencatat tingkat literasi setinggi 98.2%. Namun demikian, hasil studi Programme for International Student Assessment, dari OECD menyatakan 70% siswa Indonesia memiliki kemampuan literasi yang rendah. 

Maka dari itu yuk mari kta kenali apa saja jenis dan arti dari literasi. Dalam arti sederhana, literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Namun seiring perkembangan zaman, literasi rupanya tak hanya soal membaca dan menulis.

Jenis Literasi
1. Literasi baca dan tulis
Literasi baca dan tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi.
2. Literasi numerasi
Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk memperoleh, menginterpretasikan, menggunakan, dan mengomunikasikan berbagai macam angka dan simbol matematika untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.
3. Literasi sains
Literasi sains adalah pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk mampu mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasarkan fakta.
4. Literasi digital
Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya.
5. Literasi finansial
Literasi finansial adalah pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep, risiko, keterampilan, motivasi, dan pemahaman agar dapat membuat keputusan yang efektif dalam konteks finansial.
6. Literasi budaya dan kewargaan
Literasi budaya adalah pengetahuan dan kecakapan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa.

Manfaat Literasi

  • Membantu anak dalam memahami orang lain dan lingkungan sekitarnya.
  • Membantu anak agar dapat menyampaikan pikiran dan perasaan kepada orang lain.
  • Menumbuhkan minat anak terhadap keaksaraan.
  • Munculnya sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibutuhkan di jenjang pendidikan selanjutnya
 
 








Other Blog
Penting! Pahami Manfaat Sarapan di Pagi Hari
Penting! Pahami Manfaat Sarapan di Pagi Hari
Thursday, 17 February 2022 11:04 WIB
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dua dari lima gen Z dan milenial mulai lebih sering menyiapkan sarapan pada pagi hari. Pernyataan itu didapatkan dalam survei Herbalife Nutrition dengan judul Asia Pacific Breakfast Habits Survey 2021. Survei tersebut menyatakan setengah dari responden sudah memulai untuk melakukan sarapan, mereka mulai melakukan sarapan enam sampai tujuh hari per minggu. 
Pemandangan Luar Biasa! Terbang Naik Balon Udara Di Wisata Lokal
Pemandangan Luar Biasa! Terbang Naik Balon Udara Di Wisata Lokal
Tuesday, 15 February 2022 11:23 WIB
Nikmati kemudahan reservasi kamar hotel yang berdekatan dengan ketiga lokasi diatas hanya di Izystay For Meeting. Pesan kamar hotel jadi semakin mudah! Untuk berbagai kebutuhan Anda, Izystay siap mengakomodasi pesan kamar hotel dan ruang meeting, sesuai keinginan Anda.
Cromboloni : dessert hits yang bikin orang rela antre berjam-jam!
Cromboloni : dessert hits yang bikin orang rela antre berjam-jam!
Friday, 05 January 2024 15:41 WIB
Kudapan yang sangat dicari-cari dan dinanti-nanti dan orang-orang rela antre berjam-jam di beberapa cafe di Jabodetabek. Daripada meng-antre berjam-jam yuk kita coba bikin sendiri dengan bahan-bahan sederhana dan ekonomis.
6 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Area Blok M
6 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Area Blok M
Monday, 01 July 2024 10:26 WIB
Lagi cari tempat nongkrong yang seru tapi tidak merogoh kocek, yuk kita mampir ke Blok M

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?