Resep Sate Maranggi super empuk

Resep Sate Maranggi super empuk

Sate Maranggi merupakan makanan khas yang biasa ditemukan di wilayah Jawa Barat, khususnya Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Dari salah satu sumber, kata “Maranggi” sendiri dalam Sate Maranggi memiliki arti nama panggilan yang ditujukan pada seorang penjual Sate Maranggi, yaitu Mak Anggi. dari Jawa Tengah. Sekitar tahun 1960-an, ia berjualan sate dengan menggunakan tenda di daerah tempat tinggalnya, yakni daerah Cianting.
Yuk Kita coba di rumah masak sate Maranggi!

Bahan-bahan

  • 250 gr daging sapi
  • 50 gr lemak sapi (opsional)
  • 3 sdm nanas parut
Bumbu halus:
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 2 cm lengkuas muda
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdm gula merah sisir
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm kecap manis

Cara Membuat :

1.Lumuri daging dengan nanas parut, kemudian potong dadu atau sesuai ukuran yang diinginkan.
2.Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan ketumbar. Setelah itu tambahkan gula merah, garam dan kecap manis. Campurkan daging dengan Bumbu Halus, kecap dan air asam. Remas-remas dan diamkan minimal 30 menit agar bumbu meresap.
3.Campurkan secara rata daging dengan bumbu halus dan kecap. Setelah itu, tusuk dengan tusukan sate.
4.Panaskan griller di atas kompor selama 10 menit dengan api besar, setelah 10 menit kecilkan api. Atau bisa juga bakar sate di atas bara api arang, sambil menggunakan kipas sembari dibolak-balik.
5.Bakar sate di atas griller sambil dioles sisa bumbu. Masak hingga matang merata atau dibolak-balik, angkat.
6.Sajikan dengan sambal kecap atau sambal tomat.








Other Blog
Resep Soto Betawi
Resep Soto Betawi
Friday, 21 July 2023 14:39 WIB
Soto Betawi merupakan soto khas DKI Jakarta yang disajikan dengan kuah santan. Soto gurih dengan kuah santan ini berisi daging sap, jeroan sapi dan organ sapi lainnya, seperti mata sapi, dan hati. Penyajian soto betawi biasanya ditambahkan dengan tomat, seledri, bawang goreng, dan emping. Dimakan panas dengan nasi hangat, sambal, jeruk nipis dan acar, soto ini pun semakin sedap disantap. Siapapun amat menyukai masakan ini, cocok untuk pecinta makanan berkuah yang gurih.
Indahnya Pemandangan Batu Karang di Pantai Madasari
Indahnya Pemandangan Batu Karang di Pantai Madasari
Friday, 18 October 2019 07:22 WIB
Kabupaten Pangandaran merupakan sebuah kabupaten yang terkenal dengan tempat wisatanya, diantaranya wisata pantai yang menjadi tujuan wisata paling utama, salah satunya ada Pantai Madasari yang berada di Desa Masawah Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran.
5 Tips Menjalani Ibadah Puasa saat Pandemi
5 Tips Menjalani Ibadah Puasa saat Pandemi
Tuesday, 06 April 2021 01:19 WIB
Tak terasa sebentar lagi kita akan menyambut Bulan Ramadhan 2021. Namun di tahun ini, kita masih akan menjalani bulan suci ramadhan di tengah pandemi Covid-19. Dalam menjalani ibadah puasa saat pandemi kita harus lebih berupaya untuk menjaga kesehatan kita agar tetap sehat selama berpuasa. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan selama di Bulan Ramadhan, seperti makan-makanan yang bergizi dan memiliki gaya hidup yang teratur. Anda juga bisa memperhatikan 5 tips menjalani ibadah puasa saat pandemi berikut ini :
Wisata Pantai Terkenal di Kabupaten Sukabumi
Wisata Pantai Terkenal di Kabupaten Sukabumi
Saturday, 12 February 2022 10:43 WIB
Pantai Pangumbahan adalah salah satu pantai terkenal di Jawa Barat. Pantai yang menjadi habitat penyu hijau ini terletak di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Memiliki daya tarik yang menonjol dibanding pantai-pantai lainnya, Pantai Pangumbahan sudah sangat dikenal baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Penasaran seperti apa keseruannya? Simak wisata alam Pantai Pangumbahan berikut ini yuk!

Hallo!

Feel free to chat us if you need further information

x
 
We need some information for contact you easily.
Fullname
Mobile Phone Number

Hallo, Can I help you?